Jumat, 11 Maret 2016

Perangkap Para Mastah


Mastah? Newbie? Atau apalah namanya, itu kagak penting.
Gw juga gak tau, darimana asal muasal nama itu. Dan siapa aja yang masuk kategori itu. Ah, bener2 gak penting.

Cuma tetap aja, di luar sana, yang jago ngehasilin duit dari internet, disebut mastah. Yang masih butek dan ngeraba2 alias pemula, disebut newbie. Mungkin itu udah jadi kesepakatan umum, walaupun belum tentu benar.

ISTILAH: MASTAH VS NEWBIE

Iseng2, gw cek mbah Google dan nemu definisi tentang mastah dan newbie. Katanya begini...

·        Mastah = bahasa slang dari master yang biasa diberikan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang internet marketer dan dianggap mampu untuk memberikan ilmu kepada orang-orang yang diberi label ‘Newbie’
·        Newbie = merupakan label yang disematkan kepada mereka yang masih pemula dan baru belajar menjadi internet marketer.
Berarti, kalau lo perhatiin, istilah ini cuma kesepatakan orang yang disematkan pada seseorang aja. Karena gw pikir gak ada orang yang sengaja melabeli dirinya “master”, kecuali orang yang gak tau diri dan sombong. Berlaku sebaliknya.

Terlepas dari apapun itu masalahnya, di ocehan gw kali ini kepengen ngomong tentang apa aja yang biasa mastah lakuin untuk "menghisap darah" newbie. Ckckck
(baca: darah = duit)

Saran gw, kalo lo ngerasa mastah, gak usah dengerin ocehan gw ini. Entar kesinggung.
Yang ngerasa newbie, nah lo wajib baca! Supaya duit lo gak kekuras terus sama mereka. Ckckck.
OKNUM MASTAH

Maksud mastah dari ocehan gw kali adalah Oknum Mastah. Gw gak bilang itu lo, atau temen lo, sadar diri aja. Gak usah dibilangin.

Gini bro...
Sadar gak sih lo, karena polosnya para newbie ini, yang suka ngikut apa kata mastah, malah bisa dijadikan celah untuk masuknya para oknum mastah untuk membuat newbie semakin terhisap lagi darahnya (baca: duitnya).

Mereka membuat pencitraan pribadi yang mengesankan dirinya sudah ahli di bidangnya, dan kemudian membuat tutorial, ebook, dan video untuk meraup keuntungan dengan mudah dan cepat (dari mereka). Tidak jarang ditemukan orang yang dianggap Mastah, namun kerjaannya cuma mempromosikan produk2 affiliate mereka sendiri, untuk mendapatkan keuntungan dari para Newbie yang masih polos.

Parahnya, banyak Newbie yang sering tergoda dengan SS (screen shoot) penghasilan para oknum mastah ini. Gw tau itu bukan lo, semoga aja kagak!

Akhirnya, sang newbie pun menjadikan dia sebagai panutan belajar agar bisa make money online. Nggak jarang dari para Newbie ini rela ngabisin duit hingga puluhan juta untuk tutorial-tutorial dan pelatihan-pelatihan berbayar (yang katanya bakal bantu Newbie ini). Mereka terlalu asik belajar, namun malas akut untuk praktek. Mereka haus ilmu, namun tidak mempraktikkan ilmu yang di dapat. Parah abis...


PERANGKAP PARA MASTAH

Sekali lagi, maksud “mastah” dari ocehan gw kali ini adalah oknum mastah. Karena di luar sana banyak juga orang yang udah bener2 jadi mastah, kelakuannya bener, duitnya banyak, tapi jarang terkspose ke publik, karena memang duit mereka bukan nyedot darah newbie. Salut!

Nah, biasanya nih, perangkap mastah untuk para newbie itu segala hal yang berbau "GRATIS"
Nyadar kan?

Jadi sekarang lo tau, gak ada sesuatu di dunia ini yang bener2 GRATIS. Kita mesti curiga, "Ini pasti MODUS!". Ckckck

Nah kalau gw amatin, modus para mastah itu banyak banget. Tapi walaupun banyak, yang paling sering gw temuin ada 6 hal, diantaranya:
Pertama, Bagiin Ebook GRATIS.
Ini adalah modus paling banyak yang gw temuin. Tujuannya cuma satu: dapetin list para newbie. Ebook tersebuat dibuat dengan sederhana mungkin (terkadang isinya sampah dan gitu doang) dan dibagikan secara cuma2.

Bilangnya gini, "Mau Ebook GRATIS tentang xxx, silakan download di www bla bla bla dot com. FREE!”

Memang ini bermanfaat banget buat newbie, kalau lo menyikapinya dengan sudut pandang positif. Lagian, kalo ada ebook gratis, kenapa mesti ditolak? Terima aja. Bener kan? ckckck

Sayangnya, newbie sekarang udah mulai pada pinter. Pas mereka disuruh masukin nama dan emailnya di form opt-in para mastah, kadang mereka cuma ngasih email yang jarang dibuka. Tujuannya yang penting dapat ebooknya doang. Selebihnya emang gw pikirin!

Ujung2nya, kagak pernah buka email. Karena bisa jadi itu email ke-10 yg dia buat. Email utamanya gak pernah dipake buat ngasih list tuk dapetin gituan. Ckckck

10 jempol buat newbie! ckckck
Kapan modus ini dipake?
Pas mastah mau dapatin list. Ya tentu kalo bicara tujuan mulianya, supaya bisa berbagi ilmu sama newbie. Gak tau yang bener niatnya yang mana....
Kedua, Ngadain Webinar GRATIS.
Ini modus yang mulai banyak dilakuin di Indonesia. Biasanya dilakuin pas ada launching produk baru atau program baru.

Iming2nya, "Ikuti Webinar GRATIS tentang bla bla bla". Ujung2nya, padahal dia lagi mau launching produknya H+1 jam atau H+1 hari setelah webinar tersebut berlangsung.

Dan supaya terkesan superhero alias baik di mata audience webinar, dia bilang, "Karena kalian udah nonton webinar ini, khusus untuk kalian, Saya kasih DISKON xx% dan BONUS yyy senulai Rp zzz". Preettt..!! kena lo...

Buat mastah, ini efektif banget untuk ngegiring emosi prospek supaya mau beli produk lo. Karena webinar bakalan lebih hidup dan 2 arah ketimbang cuma sekedar ebook. Cobain deh, pasti konversi lo gede.
Semoga target audience lo gak baca ocehan gw. Ckckck
Ketiga, Buat Seminar GRATIS.
Nah khusus untuk modus ketiga ini, biasanya dilakuin untuk menjual produk yang harganya relatif mahal. Kalo dijelasin lewat online, gak memungkinkan, karena orang gak akan dengan mudah percaya, akhirnya digiring ketemuan di offline berupa seminar gratis.

Apalagi harga yang ditawarkan sangat mahal. Katakanlah di atas 10 juta, biasanya pasti ngadain seminar gratis dulu.

Nah nanti selama di seminar si newbie bakal dicekoki tentang pentingnya hal2 yang ada hubungannya dengan produk yang mastah mau jual. Nanti pas si newbie udah mulai resah dan gelisah serta ingin tahu solusinya, dengan bangganya si mastah bilang, "Inilah solusi dari kegelisahan Anda. Bergabunglah bersama kami di bla bla bla...". Zzzz...

Selain untuk menjual produk mahal, biasanya modus ini digunakan untuk nyari reseller, agen, distributor, atau partner. MLM biasanya, atau apapun yang sifatnya keagenan.
Keempat, Jeblosin ke Grup FB GRATIS.
Ini juga modus yang mulai marak sekarang. Si mastah buat grup khusus yang dia set emang khusus untuk dia doang yang bisa ngomong disana. Yang lain kagak boleh ngomong. Supaya orang fokusnya ke si mastahnya, bukan ke yang lain.

Modus ini bagus buat naikin authority. Dengan catatan, lo harus terus atif share status manfaat sama membernya.

Nah nanti pas membernya udah banyak dan mulai rame interaksinya, si mastah bakal langsung jualin si newbie yang ada di grup itu. Ckckck
Kelima, Ngajakin Gabung Grup WA GRATIS.
Modus ke-5 ini gw pikir modus "terbusuk” yang pernah gw tau. Awalnya cuma ngajak orang gabung grup WA. Iming2nya, “Siapa yang mau gabung grup WA bersama saya nanti saya share rahasia bla bla bla dst”

Di grup WA emang dikasih value dan konten, tapi ujung2nya dia bakal jualan. Ngasih kontennya gak semua. Misal ada 27 rahasia, dikasih cuma 7. Terus bilang gini, "7 teknik aja udah keren. Kebayang dong kalau semuanya dibagiin. Ingin tahu 20 rahasia lagi? Ikut course saya tentang bla bla". 

Preeet!! Jadi pengen BAB di toilet.
Keenam, Buat Program Curhat GRATIS.
Tujuannya supaya dikira baik, pahlawan, dan dianggap ahli.
Curhatnya bisa di WA, BBM, LINE, FB, atau Email. Dengan berlaga sotoy, mastah bakal ngasih nasehat ke para newbie dari A sampai Z. Seolah2 paling bener, padahal sebenarnya gak tau juga. Ckckck. Parah!

Kalau di email, supaya si newbie terus buka email dia dan terjadi engagement yang baik dengan si mastah.

Kalau di WA, supaya si newbie keinget mastah terus dan terjalin hubungan baik dengan si mastah.
dan seterusnya.


-----


Itulah 6 modus perangkap mastah yang bakal sering lo temuin di dunia nyata saat ini.
Lo yang newbie, mesti hati2. Pasang alarm lo. Tuh mastah bener2 berbagi gratis atau cuma modus doang!
Lo yang mastah, mesti lebih kreatif lagi buat strategi2 tuk gaet para newbie, supaya gak gampang dibaca polanya sama orang (kaya gw). ckck

Pertanyaannya, apakah itu semua gak boleh dilakukan?
Ya jelas boleh lah. Kagak ada yang ngelarang kok. Sah2 aja. Yang penting nyari halal kan?
Kenapa lo sebagai newbie harus tau perangkap ini?
Supaya lo bisa fokus jalanin bisnis lo...


Belajar itu harus, tapi jangan sampe lupa action. Action itu harus, tapi jangan lupa belajar. Seimbang lah.
PESAN UNTUK MASTAH
Jangan hanya punya niat untuk sedot uang mereka aja. Bantulah mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ingat, membantu orang itu baik. Lagian, dulu juga lo pasti pernah jadi newbie. Lo bayangin, masa2 disaat lo pusing kurang earning, mereka pun sama.

Jangan sombong. Karena kita gak pernah tau dunia kedepan kaya gimana. Bisa jadi lo sekarang merasa jago di atas angin dengan berbagai skill internet marketing, tapi suatu saat jatuh karena kesombongan lo. Bahkan kita gak pernah tahu bahwa newbie yang kita bimbing saat ini bisa jadi suatu saat bisa jadi penolong lo pas lo jatuh.
PESAN UNTUK NEWBIE
Lo harus fokus capai target lo. Jangan gampang ikut arus hanya gara2 dapat email dari mastah yang nawarin produk tertentu, entah itu ebook, buku, tools, course, atau apapun itu. Lo mesti fokus! Beli produk yang bener2 lo butuhin. Ikut course yang bener2 lo rasa manfaatnya bakal besar. Dan seterusnya

Pilihlah seseorang yang lo anggap "real mastah". Gw gak tau kriterianya kaya gimana, tapi pastikan lo bener-bener nyaman sama dia. Dia gak cuma jualin lo terus, tapi bener2 bimbing lo dari nol sampai bener2 sukses. 

Mungkin sekarang udah jarang banget orang kaya gini, tapi usaha dikit untuk cari orang kaya gini. Dan yang terpenting dari pesan gw untuk lo, jangan terlalu ketergantungan dengan mastah. Lo adalah mastah atas diri lo. Jangan biarkan lo ketergantungan sama mereka. Lo harus bener2 mandiri. Belajar sendiri, praktek sendiri. 
Nanya ke mastah hanya pas bener2 butek dan stuck aja, jangan keseringan juga, karena mastah pun punya kehidupannya sendiri.
Simpulan
Ingat, bagaimanapun juga baik mastah maupun newbie harus saling mengerti.
Tanpa ada orang ganteng, gak mungkin ada orang jelek. Tanpa ada orang yang pinter, gak mungkin ada orang yang bego. Dan tanpa ada seorang newbie, tak akan ada seorang mastah.

Gw kagak mau ngoceh dan ngomentarin mereka. Entar gw kwalat!

Intinya, apa yang lo lakuin sekarang pasti berdampak sama masa depan karir lo. Mungkin lo sekarang earningnya banyak karena menggunakan berbagai cara supaya convert sales, tapi kalau lo ngecewain newbie terus2an, siap2 aja tunggu kematiannya. Ini ibarat bom waktu. Tinggal nunggu waktu, lo bakal kehilangan kepercayaan dari mereka.

Udah ah, gw kagak mau ngoceh banyak2 Gak usah baca ocehan gw kalau lo gak mau ketampar. Karena gw ngomong blak2an, entar kesungging lagi. Ckckck

Lo gak perlu usah share ocehan gw ini, kecuali sama newbie yang pengen lo selamatkan.

Hidup para newbie!
Ckckck




Tidak ada komentar:

Posting Komentar